Pikiran Bawah Sadar = Gudang Memori dan Informasi

  Pikiran Bawah Sadar   July 1, 2010

Pembaca yang terhormat, hal yang sangat pantas kita lakukan saat mengenali dahsyatnya pikiran bawah sadar kita adalah bersyukur kepada Allah SWT.  Segala sesuatu yang kita alami pasti tersimpan dalam pikiran bawah sadar kita, sehingga sebenarnya pembelajaran seharusnya dengan mudah terjadi. Ini didukung pandangan Milton Ericson bahwa sejatinya pikiran bawah sadar merupakan gudang memori dan informasi.

Pikiran bawah sadar berisi segala memori dan informasi yang pernah kita alami dari dulu hingga saat ini.  Ups anda pastinya tahu tentang gudang, demikianlah kira-kira pikiran bawah sadar sebagai gudang memori dan informasi dengan tera byte. Isinya berupa pengalaman positif yang membuat kita bahagia  maupun pengalaman negatif yang menyebabkan perasaan sedih. Semua pengalaman itu tersimpan rapi dalam file yang tersusun dalam folder-folder.

Pengalaman hidup dan interpretasinya pada saat itu berperan membentuk keyakinan, konsep nilai dan aturan-aturan hidup kita yang mungkin tidak disadari pikiran sadar kita. Oleh karena tidak disadari pikiran sadar, sangat mungkin kita tidak mudah mengelola pikiran bawah sadar kita sehingga dibutuhkan teknologi khusus. Bukankah mengubah diri sendiri adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi banyak orang. Pastinya kita mulai dari pikiran kita.

Contoh lainnya adalah phobia dan trauma merupakan pengalaman masa lalu dengan interpretasi masa itu dan selanjutnya tersimpan rapi dalam file tertentu dalam pikiran bawah sadar kita. Kadang satu peristiwa dapat menghadirkan kembali perasaan